Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk
membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya
kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal
dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan
dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali
berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami
editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan
dipergunakan. (Menu Home+ Font)
Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan
tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan
Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai
numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu
View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat
poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam
bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan
dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+
Multiple List+Change List Level)
Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis
penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak
ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi
nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”)
Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break
section
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran
halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor
halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page
Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom
atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh
karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit
header/footer + Design + pilih different first page)
Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption
yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert
Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada
exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka
pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul
secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan,
maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih
references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka
daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat
maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map).
Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung
lebih cepat)
0 comments:
Post a Comment